Stablecoin Kripto Teratas

Stablecoin Kripto Teratas

Diperbarui • 2022-11-22

Menurut coinmarketcap.com, ada lebih dari 9.250 mata uang kripto. Jumlah itu hanya untuk yang terdaftar, dan akan dua kali lebih banyak jika menyertakan kripto yang tersembunyi. Akan membutuhkan waktu satu tahun untuk membaca semuanya dan tidak masuk akal karena setengah dari mata uang kripto tersebut sudah tidak aktif. Namun, kami tetap ingin membagikan pengetahuan. Oleh karena itu, kami membuat analisis tentang stablecoin kripto teratas yang dapat Anda temukan di pasar, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Selamat membaca!

Apa Itu Stablecoin?

Anda menggunakan mata uang negara Anda untuk membayar barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagian besar negara menggunakan USD sebagai mata uang “cadangan” universal, yang memudahkan penghitungan biaya lintas negara. Misalkan seseorang atau suatu negara ingin memasuki dunia mata uang kripto. Dalam hal ini, dibutuhkan mata uang (biasanya USD) atau aset lain yang tidak rentan terhadap volatilitas khas di pasar kripto. Stablecoin adalah apa yang diinginkan seseorang untuk menyimpan uang mereka dalam kripto tetapi dengan risiko yang lebih sedikit.

Stablecoin harus dijaminkan dengan aset aman agar dapat berfungsi secara normal. Secara umum, mata uang kripto jenis ini dijaminkan terhadap aset dunia nyata, biasanya USD. Misalnya, jika Anda memiliki $1.000 dalam USDT (stablecoin bernama “Tether”), Anda dapat menukar stablecoin ini menjadi USD kapan pun Anda inginkan. Tether (perusahaan yang menerbitkan USDT) menyimpan cukup dolar untuk membayar orang yang ingin mengubah USDT menjadi USD.

Stablecoin lainnya sering kali melibatkan jaminan yang berbeda (yaitu ketika aset dunia nyata menjamin kripto). Diantaranya adalah berbasis komoditas (Tether gold atau Palladium coin), berbasis kripto (koin lain bertindak sebagai jaminan), dan mata uang digital bank sentral (CBDC). CBDC adalah bentuk mata uang yang dijamin negara, seperti uang kertas (banknote). Dalam artikel ini, kami akan tetap berfokus pada stablecoin paling populer, yang dijamin USD dan mata uang kripto.

Kelebihan Stablecoin

Pasar mata uang kripto adalah tempat yang berisiko dan bahkan berbahaya di mana Anda harus menyadari semua risikonya. Misalnya, saat volatilitas tinggi, Bitcoin dapat bergerak 10-15% dalam sehari, dan altcoin (koin kripto selain Bitcoin) dapat mengalami perubahan harga hingga 50%, baik itu naik maupun turun. Di situlah stablecoin dapat menjadi solusi. Inilah mengapa stablecoin dapat menjadi sahabat Anda di dunia kripto.

Keamanan

Penerbit stablecoin terbesar menawarkan tingkat keamanan tinggi bagi pemegangnya. Perusahaan seperti Tether (USDT), Circle (USDC), dan Binance (BUSD) memiliki rekam jejak tahunan dan telah membuktikan ketahanannya. Anda dapat yakin bahwa kripto Anda akan aman, dan dapat ditukar dengan mata uang fiat sesuai permintaan. Namun, ada risiko besar dalam hal transparansi. Penerbit Stablecoin sering menginvestasikan dananya dalam berbagai aset, yang dapat berupa obligasi AS yang sangat aman atau ekuitas dan obligasi berisiko dari negara berkembang. Risiko selalu ada dalam setiap tindakan keuangan, dan stablecoin tidak terkecuali.

Stabilitas

Nama “stablecoin” menunjukkan bahwa harganya tidak rentan terhadap volatilitas karena aset yang mendasarinya. Pada sebagian besar kasus, aset yang digunakan sebagai jaminan adalah USD. Oleh karena itu, stablecoin memberi pengguna cara mudah untuk menyimpan uang mereka di pasar kripto dan memiliki jaminan mata uang fiat yang senilai.

Setiap hari Anda dapat menukar USDT, BUSD, atau USDC ke USD tanpa ada batasan serius. Sementara $1.000 dalam Bitcoin dapat berubah menjadi $800 atau $1.200 dari waktu ke waktu, $1.000 dalam USDT akan selalu sama dengan $1.000 dalam USD. Hal ini tidak terlalu menguntungkan bagi para trader karena trading stablecoin hampir tidak akan menghasilkan uang. Namun, stabilitasnya sangat penting agar pasar kripto tetap bertahan karena setiap trader membutuhkan tempat yang aman untuk menyimpan uang mereka dari waktu ke waktu. Beberapa trader lebih suka menyimpan sebagian besar dana mereka di stablecoin selama pasar bearish, seperti yang kita alami sekarang (per November 2022).

Biaya Rendah

Selama hampir dua tahun, antara Januari 2021 dan Mei 2022, biaya transaksi rata-rata di jaringan Ethereum (biaya gas) adalah $40, dengan biaya harian rata-rata tertinggi sebesar $196,63 tercatat pada 1 Mei 2022. Untuk pengguna kripto yang tidak memiliki $100.000 di akun mereka, biaya yang besar seperti itu berarti mereka tidak akan melakukan transaksi sampai biaya menjadi lebih kecil.

Sedangkan untuk USDT, BUSD, atau USDC, biayanya jarang di atas $3-5. Setiap kali Anda melihat biaya transaksi stablecoin yang tinggi, Anda dapat menukar satu stablecoin dengan stablecoin lainnya atau memilih jaringan lain yang lebih murah untuk mentransfer dana. Ini cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit, dan memberi Anda biaya transaksi yang rendah hampir setiap saat.

Daftar Stablecoin Teratas Tahun 2022

Kami akan membahas stablecoin yang paling populer, kelebihan & kekurangan, dan sejarah singkatnya. Sebagian besar stablecoin dalam artikel ini dijamin oleh USD, dan beberapa dijamin oleh mata uang kripto lainnya. Setelah Anda membaca artikel ini, lihat panduan trading pasangan mata uang kripto kami untuk mendalami topik ini.

Tether (USDT)

USDT adalah stablecoin paling tua dan terkenal di dunia, dibuat pada tahun 2014 dengan nama “Realcoin.” Awalnya, USDT hanya bekerja pada blockchain Bitcoin tetapi melakukan pemutakhiran untuk ekspansi di Ethereum, Tron, OMG, dan blockchain lainnya.

USDT mengikuti harga USD. Patokan ke USD dicapai melalui pemeliharaan sejumlah kertas komersial, deposito fidusia, uang tunai, catatan repo cadangan, dan tagihan perbendaharaan dalam cadangan, yang nilainya sama dalam USD dengan jumlah USDT yang beredar.

Tether rentan terhadap banyak gugatan hukum dari SEC AS. Namun, Tether berhasil menghindari pembatasan parah, memberikan layanan berkualitas tinggi kepada para trader dan investor. Pada November 2022, USDT memiliki kapitalisasi pasar $69 miliar.

USD Coin (USDC)

USD Coin (USDC) adalah stablecoin yang dipatok ke USD dengan rasio satu banding satu (1:1). Setiap unit mata uang kripto ini dijamin oleh $1 dari cadangan mereka, dalam campuran uang tunai dan obligasi AS jangka pendek. Centre Consortium, yang ada dibalik aset ini, mengatakan bahwa penerbit USDC adalah lembaga keuangan yang teregulasi.

Para trader lebih memilih stablecoin ini daripada USDT karena pemerintah AS mengaturnya, membuat USDC sedekat mungkin dengan dolar digital. Di sisi lain, regulasi yang mendalam seperti itu mengarah pada pembatasan bagi pengguna yang bertindak mencurigakan (atau tampaknya bertindak demikian). Oleh karena itu, kami tidak dapat merekomendasikan USDC untuk pengguna yang tidak tinggal di AS dan tidak diwajibkan untuk mengikuti regulasi AS.

Pada November 2022, USDC memiliki kapitalisasi pasar $42 miliar.

Binance USD (BUSD)

Stablecoin terbesar ketiga dalam daftar kami adalah BUSD. Ini adalah stablecoin yang dijamin USD dengan rasio 1:1, yang diterbitkan oleh oleh Binance (bekerja sama dengan Paxos). Binance disetujui dan diatur oleh Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York (NYDFS).

Ekosistem BUSD telah tumbuh pesat selama dua tahun terakhir, dari kapitalisasi pasar $1 miliar pada awal 2021 menjadi $22+ miliar pada November 2022. Sekarang BUSD adalah stablecoin terbesar ketiga berdasarkan kapitalisasi pasar, di belakang Tether dan USDC. Pertumbuhan ini sebagian besar didorong oleh meningkatnya adopsi pengguna dan dompet, platform, dan layanan yang semakin mendukung BUSD.

TerraUSD (UST)

UST dulunya adalah stablecoin yang dijaminkan oleh mata uang kripto LUNA. Namun, ketika LUNA anjlok pada tahun 2022, patokan UST dilepas dari USD dan nilainya jatuh dari $1 menjadi $0,006. Kemudian, UST tumbuh menjadi hampir $0,1 tetapi kehilangan stabilitasnya. Sekarang trader menganggap UST sebagai aset spekulatif lain yang tidak layak dipegang sebagai stablecoin.

Dai

Dai adalah satu-satunya stablecoin dengan kapitalisasi pasar $5+ miliar yang tidak dijamin oleh aset dunia nyata seperti obligasi AS atau mata uang fiat. Harga DAI bersifat soft peg dan dijamin oleh berbagai mata uang kripto lainnya yang disimpan ke dalam brankas kontrak pintar setiap kali pasar membutuhkan penerbitan DAI baru.

Tidak seperti UST (TerraUSD), DAI dijaminkan secara berlebihan, yang berarti penyediaan agunan bernilai lebih dari cukup untuk menutupi potensi kerugian jika terjadi gagal bayar. Dalam kasus DAI, setiap koin bernilai $1 dan dijamin dengan sekumpulan kripto lain senilai $1,5. Ini membantu menjaga kestabilan harga koin DAI, menjadikannya pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin mendalami mata uang digital dan memutuskan koneksi dengan mata uang dunia nyata.

Pertanyaan Tentang Stablecoin

Apakah Stablecoin Kripto Menguntungkan?

Tergantung pada skenario yang Anda pilih. Meskipun stablecoin tidak memberikan keuntungan saat Anda memegangnya tetapi itu dapat di-stake ke dalam kontrak pintar, yang memberikan imbal hasil tahunan (APY) 1-5% tanpa risiko signifikan. Namun, jika APY ini lebih rendah dari CPI AS, imbal hasil aktual Anda akan negatif.

Manakah Stablecoin yang Terbaik?

Itu tergantung pada tujuan stablecoin. BUSD dianggap paling aman dan termurah dari segi biaya, sementara DAI tidak didukung oleh aset dunia nyata, menjadikannya pilihan yang sempurna bagi orang-orang yang ingin menghindari koneksi dolar AS.

Apakah yang Dimaksud Stablecoin dalam Kripto?

Secara umum, stablecoin adalah mata uang kripto yang dijamin oleh aset dunia nyata, seperti uang tunai atau obligasi AS, yang bertujuan untuk mematok nilainya ke USD atau aset lainnya. Tujuan utama stablecoin adalah untuk menyediakan kripto yang stabil dan tidak rentan terhadap volatilitas.

Apakah Litecoin Sebuah Stablecoin?

Meskipun Litecoin terkadang bergerak lambat, Litecoin bukanlah stablecoin karena harganya tidak dipatok ke aset apa pun. Misalnya, dari September 2020 hingga Mei 2021, Litecoin melonjak lebih dari 1.000% dan mencapai harga $400. Temukan lebih banyak tentang cara trading kripto di blog kami.

Kesimpulan

Stablecoin adalah contoh hubungan mendalam antara mata uang kripto dan dunia nyata. Stablecoin hadir agar pengguna dapat menyimpan uang mereka dalam kripto tanpa takut kehilangan nilainya karena lonjakan volatilitas. Meskipun stablecoin tidak memberikan profit, pengguna dapat men-stake itu, yang memberikan penghasilan kecil tetapi mudah.

Dengan FBS, Anda dapat mentransfer USDT ke akun trading crypto dan membeli kripto dengannya. Anda dapat trading kripto di setiap platform trading yang kami tawarkan, termasuk MetaTrader 4, MetaTrader5, dan FBS Trader.

Buka Akun Crypto

Menyerupai

Cara Menggunakan MetaTrader 4: Panduan untuk Pemula
Cara Menggunakan MetaTrader 4: Panduan untuk Pemula

MetaTrader 4, juga dikenal sebagai MT4, adalah platform trading paling populer di dunia. Mereka menawarkan alat trading dan analitik yang sangat baik untuk menerapkan strategi yang bahkan paling kompleks.

Bagaimana cara trading menggunakan pola candlestick doji?
Bagaimana cara trading menggunakan pola candlestick doji?

Candle doji jarang terjadi, tetapi jika Anda menemukannya, itu dapat menjadi peluang masuk yang sangat bagus. Artikel ini akan membahas apa itu candle Doji. Anda akan mempelajari strategi Doji yang dapat mendatangkan profit.

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara menarik profit yang dihasilkan di FBS?

    Prosedurnya sangat mudah. Cukup masuk ke halaman Penarikan Dana di situs web atau menu Keuangan di Personal Area FBS dan tarik dana Anda. Anda bisa menarik profit Anda melalui sistem pembayaran yang sama seperti yang Anda gunakan saat deposit. Jika Anda mendanai akun melalui berbagai metode, tarik profit Anda melalui metode yang sama berbanding dengan jumlah yang didepositkan.

  • Bagaimana cara membuka akun di FBS?

    Klik tombol 'Buka akun' di situs web kami dan lanjutkan ke Personal Area. Sebelum Anda memulai trading, selesaikan dulu proses verifikasi profil. Konfirmasikan alamat email dan nomor telepon Anda, dan verifikasi ID Anda. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan keamanan dana dan identitas Anda. Setelah Anda menyelesaikan prosedur ini, silakan login ke platform pilihan Anda, dan silakan memulai trading. 

  • Bagaimana cara memulai trading?

    FBS dan karier Forex diperuntukkan hanya kepada klien yang berusia 18 tahun ke atas. Untuk memulai trading, Anda harus memiliki akun di broker dan pengetahuan yang cukup, minimal tentang karakteristik aset di pasar keuangan. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasarnya dengan materi edukasi gratis dari kami dan buka akun di FBS. Anda bisa mengamati lingkungan trading terlebih dahulu dengan dana virtual di akun Demo. Apabila sudah siap, Anda bisa memasuki pasar yang sesungguhnya dan trading dengan sukses.  

  • Bagaimana cara mengaktifkan Bonus Naik Level?

    Buka akun Bonus Naik Level di Personal Area web atau aplikasi FBS Anda, dan dapatkan hingga $140 gratis langsung ke akun Anda.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Rasakan Semangat Tim

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera