1. FBS Broker >
  2. Blog >
  3. Cara Melatih Kedisiplinan dalam Trading
Diperbarui • 2022-11-15

Cara Melatih Kedisiplinan dalam Trading

CREATIVE-28_Discipline_in_Trading_642x361_1_cover.pngKeberhasilan trading tergantung pada banyak faktor yang berbeda. Mereka tidak hanya mencakup pengetahuan teoretis, pemahaman tentang analisis fundamental dan teknis, pembelajaran terus-menerus dan mendapatkan pengalaman, tetapi juga stabilitas psikologis dan emosional. Untuk mencapai semua hal di atas, Anda hanya perlu melengkapi satu bagian teka-teki yang hilang — disiplin.

Mari kita cari tahu bersama mengapa disiplin dalam trading itu sangat penting dan bagaimana cara mencapainya.

Apa itu disiplin dalam trading?

Secara umum, definisi disiplin dapat direduksi menjadi pengulangan yang disengaja dari beberapa tindakan untuk mencapai suatu hasil. Seringkali tindakan ini sulit dan tidak menyenangkan, dan membutuhkan usaha.

Dengan demikian, dua komponen disiplin adalah:

  • memiliki tujuan;
  • kemampuan untuk melakukan tindakan yang tidak selalu menyenangkan.

Disiplin adalah dasar dari setiap pekerjaan yang sukses, dan trading tidak terkecuali. Ini pertama-tama adalah mengikuti prinsip strategi trading dan manajemen risiko sendiri. Seringkali, perubahan di pasar dapat menyebabkan keputusan dan tindakan terburu-buru yang didorong oleh intensitas emosional saat itu. Dalam situasi ini, sangat penting untuk dapat menahan dorongan hati dan mengikuti rencana yang telah ditentukan, yaitu menjaga disiplin.

Mengapa disiplin itu penting dalam trading?

Seperti yang kita ketahui, inti dari trading adalah terus menganalisis pasar untuk membuat kesepakatan yang paling menguntungkan. Berdasarkan analisis ini, trader membuat strategi individu, dengan mempertimbangkan tujuan dan minatnya sendiri, serta pengalaman profesional sebelumnya.

Disiplin itu penting sejak tahap penelitian, ketika landasan teoritis harus dieksplorasi secara terarah dan metodis sebelum beralih ke praktik. Kesenjangan pengetahuan yang terjadi karena kemalasan atau ketergesaan dapat menimbulkan akibat yang merugikan.

Setelah Anda membangun dasar teori, ketika Anda cukup percaya diri, Anda dapat melanjutkan untuk berlatih. Dalam hal ini, disiplin akan membantu Anda mengikuti strategi yang telah Anda kembangkan sendiri dan tidak tergoda untuk menyimpang dari jalan.

Selain itu, sepanjang karier seorang trader, mereka perlu terus belajar, mengeksplorasi peluang baru, dan menganalisis kesuksesan dan kegagalan mereka sendiri. Hanya pendekatan disiplin untuk perbaikan diri yang akan membawa Anda menuju kesuksesan.

CREATIVE-28_Discipline_in_Trading_642x361_2.png

Apa yang menyebabkan ketidakdisiplinan dalam trading?

Pertama-tama, disiplin membantu trader untuk mengendalikan emosi, karena keputusan yang terburu-buru menyebabkan kesalahan. Sebagai ilustrasi, mari kita lihat apa yang bisa diakibatkan oleh kesalahan tersebut.

Trading berlebihan

Trading berlebihan (overtrading) adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan baik oleh trader pemula maupun lebih berpengalaman. Inti dari fenomena ini, seperti yang bisa Anda tebak dari namanya, adalah trading yang berlebihan. Artinya, trader melakukan terlalu banyak trading yang bukan merupakan bagian dari rencana trading, atau melakukan trading yang melebihi risiko yang dapat diterima. Dan ini, tentu saja, menyebabkan kerugian.

Alasan kesalahan ini seringkali terletak pada penyimpangan dari strategi trading, ketika trader tidak mengikuti aturan yang mereka buat sendiri.

Melakukan trading yang ceroboh

Kesalahan ini terutama umum di kalangan pemula, tetapi tidak ada yang kebal terhadapnya. Setiap kegiatan trading harus didasarkan pada data analitik, bukan pada keinginan sesaat. Tetapi ada situasi ketika seorang trader tergoda dan melakukan transaksi yang terburu-buru.

Setiap pembelian atau penjualan sekuritas harus dilakukan setelah menganalisis situasi sesuai dengan rencana trading. Jika tidak, trader akan kalah dalam trading.

Waktu transaksi yang tidak tepat

Orang cenderung ingin mendapatkan semuanya sekaligus, tidak terkecuali para trader. Oleh karena itu, ketika seorang trader melihat peluang potensial, meskipun tidak sesuai dengan strategi, mereka berusaha untuk menggunakannya dengan segala cara. Sangat sulit untuk menutup mata terhadap pergerakan grafik tertentu, tetapi keserakahan jarang berakhir dengan baik.

Di sini kita harus mengulangi hal yang sama yang telah kita bicarakan di seluruh artikel ini. Bersabarlah dan ikuti strategi Anda, percaya diri dan buat keputusan berdasarkan analisis.

CREATIVE-28_Discipline_in_Trading_642x361_3.png

Bagaimana mengembangkan disiplin dalam trading?

Jadi bagaimana Anda bisa meningkatkan disiplin trading dan pengendalian diri untuk menghindari kesalahan seperti itu? Berikut adalah daftar tips dari mereka yang telah berhasil.

Melepaskan diri dari mayoritas

Dalam trading, akan selalu ada godaan untuk mengikuti mayoritas orang. Jika semua orang melakukan trading dan mereka mendapat untung, maka Anda juga akan mendapat untung, bukan? Salah.

Jika setiap orang melakukan hal yang sama, meskipun tampaknya hal yang benar untuk dilakukan, hal itu pada akhirnya akan menggerakkan pasar, yang pada akhirnya akan menyebabkan kegagalan. Jadi selalu berpikir untuk diri sendiri dan menganalisis pasar secara menyeluruh.

Gunakan rencana trading Anda

Saat Anda membuat rencana trading, Anda melakukannya karena suatu alasan. Rencana trading setiap trader harus benar-benar individual dan mempertimbangkan faktor-faktor akun seperti tujuan spesifik Anda, persepsi risiko, dan gaya hidup individu. Cobalah untuk tidak mengabaikan apa pun yang dapat berdampak pada trading Anda.

Namun, rencana trading hanya akan cukup efektif jika Anda mengikutinya dengan tepat.

Hindari hal-hal yang sudah jelas dalam trading

Jika Anda melihat sesuatu yang jelas-jelas akan mendatangkan keuntungan, kemungkinan besar semua orang juga melihatnya. Dan jika seluruh orang banyak bergegas ke kesempatan itu, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa.

Buat aturan sendiri dan ikuti mereka

Anda membuat aturan trading untuk menghindari banyak masalah jika pasar berbalik melawan Anda. Tidak ada gunanya mengembangkan strategi yang hanya Anda gunakan saat semuanya berjalan dengan baik. Terus ikuti aturan, bahkan jika hal-hal tampaknya menjadi tidak terkendali. Inilah yang akan menjauhkan Anda dari banyak masalah.

Perhatikan peringatan

Kita selalu terbiasa berharap untuk yang terbaik. Tetapi dalam trading, ada baiknya menghilangkan perasaan tersebut, terutama jika Anda melihat sinyal yang menunjukkan kerugian yang akan datang. Anda tidak boleh mengabaikan peringatan ini demi harapan palsu.

Hindari 'guru' pasar

Pakar trading menyatakan bahwa mereka telah menguasai ilmu ini dengan sempurna dan siap untuk mengajari Anda hal yang sama. Nyatanya, mereka ingin memanfaatkan Anda untuk meningkatkan keuntungan mereka, dan Anda sendiri akan dibiarkan dengan kantong kosong. Jadi jangan percaya kata-kata besar mereka.

Atur waktu luang Anda

Penting untuk mengembangkan tidak hanya rencana kerja, tetapi juga rencana istirahat. Tidak mungkin untuk terlibat dalam trading sepanjang waktu dan tidak kehilangan konsentrasi, dan karena itu harus dapat mengendalikan situasi. Beri diri Anda istirahat sehingga Anda dapat beraksi dengan semangat baru.

Jangan mencoba untuk menang kembali

Sayangnya, trading dikaitkan dengan risiko dalam hal apa pun, jadi tidak ada yang kebal terhadap drawdown. Misalkan Anda gagal, dan Anda pikir Anda hampir saja menang. Jika Anda terus dengan keras kepala mengikuti jalan yang sama, Anda tidak akan memenangkan apa pun, tetapi hanya kehilangan uang lagi dan lagi. Dalam situasi seperti itu, sangat penting untuk tetap tenang dan tidak menyerah pada emosi. Percayai strategi Anda dan ikuti terus.

Gunakan intuisi Anda

Tidak hanya algoritma matematika yang penting untuk trading, tetapi juga kemampuan untuk berpikir di luar kotak. Saat Anda mengembangkan keterampilan analitis Anda, jangan mengabaikan untuk mendengarkan indera Anda.

Gunakan alat Anda dengan bijak

Anda dapat menggunakan platform trading apa pun untuk keuntungan Anda. Biasakan diri Anda dengan berbagai fitur yang dimiliki MetaTrader 4 dan MetaTrader 5 dan kemudian terapkan pada kegiatan trading Anda. Ada banyak alat berbeda yang membuat hidup seorang trader dapat menjadi lebih mudah dan menjalankan fungsinya lebih baik daripada seorang trader.

Tetapi seseorang tidak dapat sepenuhnya mengandalkan mesin tanpa jiwa. Pertama-tama, Anda bertanggung jawab untuk membuat keputusan sendiri, dan perangkat lunak hanya menjalankan perintah Anda.

Menyerah pada mentalitas gaji

Kita terbiasa dengan gaji yang stabil di setiap periode tertentu. Tapi jangan mengandalkan kemampuan untuk mempertahankan kebiasaan ini sebagai seorang trader. Seorang trader tidak memiliki gaji tetap. Biasakan diri dengan gagasan bahwa anggaran Anda untuk tahun ini akan bergantung pada beberapa hari terbaik di pasar.

Terima kemungkinan kerugian

Bagi sebagian besar trader, bagian tersulit dari trading adalah kemampuan mengatasi kerugian moneter. Akan tetapi, Anda harus menerima bahwa kehilangan dalam trading tidak dapat dihindari. Nyatanya, kemenangan besar jauh lebih jarang daripada kekalahan kecil. Ini adalah salah satu cara alami interaksi pasar. Setiap kekalahan adalah pelajaran baru yang dapat Anda pelajari dan gunakan untuk keuntungan Anda di masa depan.

Waspadalah terhadap bala bantuan

Ketika Anda terjebak dalam euforia kesuksesan Anda sendiri, Anda mulai memandang trading secara berbeda. Beberapa bulan yang menguntungkan membuat Anda merasa di atas awan, dan Anda mulai percaya bahwa Anda akhirnya menguasai trading dan cakrawala di depan Anda secara tidak terbatas.

Tetapi sejarah mengajarkan kita bahwa dengan kekuatan besar datanglah tanggung jawab yang besar. Jika Anda tidak mengawasi transaksi Anda, hal-hal akan dengan cepat menjadi tidak terkendali, dan Anda akan kembali ke posisi terbawah.

Hindari kebisingan pasar

Harga di pasar terus berubah, terkadang sebagai bagian dari tren, dan terkadang ada fluktuasi sementara dan kecil, inilah yang dimaksud dengan kebisingan pasar. Anda tidak boleh bereaksi terhadap setiap pergerakan harga sekecil apa pun. Belajar membedakan kebisingan seperti itu dari sinyal yang sangat penting.

Kesimpulan

Jalan trader tidak selalu sederhana dan jelas. Kita semua cepat atau lambat akan membuat kesalahan dan kecewa.

Namun, dari setiap kesalahan, Anda bisa mendapatkan pelajaran yang berharga. Pengalaman ini memungkinkan kita untuk maju dan berkembang. Kesabaran dan disiplin dalam trading akan membantu tidak hanya memperkuat posisi Anda sebagai trader, tetapi juga mempertahankannya tanpa menyerah pada keputusan emosional yang impulsif.

  • 91

Rasakan Semangat Tim

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera